Senin, 19 Oktober 2020

BERBAGI INOVASI PEMBELAJARAN DI SMP NEGERI 3 ARUT SELATAN

Setelah pertemuan sebelumnya berbagi di kegiatan MGMP dan di sekolah sendiri, akhirnya saya mendapatkan kesempatan berbagi tentang Rumah Belajar di sekolah lain. Pada kesempatan ini, saya berbagi dalam kegiatan workshop pembuatan video pembelajaran di SMP Negeri 3 Arut Selatan. Sekolah ini beralamat di Desa Kumpai Batu Atas, Kecamatan Arut Selatan.

Pada hari Rabu, 7 Oktober 2020, mulai pukul 09.00 bertempat di ruang Lab IPA SMP Negeri 3 Arut Selatan, kegiatan workshop dibuka oleh kepala sekolah Bapak Shaqif Achmadi, S.Pd. Setelah membuka kegiatan, Kepala SMP Negeri 3 Arut Selatan memberikan waktu sepenuhnya bagi saya untuk menyampaikan materi.

Sama seperti pada kegiatan berbagi sebelumnya, materi pertama yang saya sampaikan adalah tentang pengalaman saya mengikuti Bimtek PembaTIK dari level 1 sampai level 4, memperkenalkan Portal Rumah Belajar ( https://belajar.kemdikbud.go.id/ )  serta fitur-fiturnya secara singkat, dan juga contoh inovasi pembelajaran yang mungkin bisa dibuat menggunakan Portal Rumah Belajar. Tidak lupa, saya mengajak teman-teman guru untuk mengikuti kegiatan PembaTIK tahun depan, dengan mendaftar di https://simpatik.belajar.kemdikbud.go.id/. Karena ada tiga manfaat mengikuti Bimtek PembaTIK. Pertama, meningkatkan kemampuan TIK sesuai dengan perkembangan teknologi terkini. Kedua, mendapatkan sertifikat pada setiap level dengan skala nasional. Ketiga, berkesempatan untuk menjadi Duta Rumah Belajar.

Materi selanjutnya, adalah materi pembuatan video pembelajaran sederhana dengan teknik rekam layar sebagai salah satu inovasi pembelajaran agar proses  belajar dari rumah (BDR) bisa optimal.

Teman-teman guru di SMP Negeri 3 Kumai sangat antusias menyimak setiap materi, sehingga tidak terasa waktu sudah menunjukkan pukul 12.00. Akhirnya, kegiatan workshop ditutup oleh kepala sekolah Bapak Shaqif Achmadi, S.Pd.












 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mencoba Geogebra

Mencoba Geogebra di Blog