Minggu, 18 Oktober 2020

KEGIATAN BERBAGI DI MGMP MATEMATIKA PRISMA

 

Pada hari Sabtu, 26 September 2020 di kegiatan MGMP Matematika Prisma Kabupaten Kotawaringin Barat, saya diberikan kesempatan untuk berbagi pengalaman mengikuti Bimtek PembaTIK dan inovasi pembelajaran menggunakan TIK dengan memanfaatkan Portal Rumah Belajar. Kegiatan MGMP ini dibatasi hanya boleh diikuti oleh 20 orang peserta termasuk pemateri, karena harus mematuhi protokol kesehatan di tengah pandemi Covid-19.

Pada pukul 14.00 bertempat di ruang kelas IX-F SMP Negeri 2 Arut Selatan, kegiatan dibuka oleh Ketua MGMP Bapak Slamet Riyadi, S.Pd. Setelah membuka kegiatan, kemudian Ketua MGMP memberikan waktu sepenuhnya bagi saya untuk menyampaikan materi.

Materi pertama yang saya sampaikan adalah tentang pengalaman saya mengikuti Bimtek PembaTIK dari level 1 sampai level 4, memperkenalkan Portal Rumah Belajar ( https://belajar.kemdikbud.go.id/ )  serta fitur-fiturnya secara singkat, dan juga inovasi pembelajaran matematika menggunakan Portal Rumah Belajar. Diharapkan, teman-teman guru matematika  ini lebih mengenal Portal Rumah Belajar, dan memanfaatkannya sebagai sumber belajar. Juga diharapkan bisa meningkatkan kompetensi TIK masing-masing dengan mengikuti Bimtek PembaTIK jika dibuka kembali pendaftarannya. Bimtek PembaTIK dapat dilihat di https://simpatik.belajar.kemdikbud.go.id/

Materi selanjutnya, adalah materi pembuatan video pembelajaran sederhana dengan teknik rekam layar menggunakan salah satu aplikasi rekam layar yaitu aplikasi Screencast O-matic. Diharapkan setelah kegiatan ini, teman-teman bisa membuat video pembelajaran yang akan dipakai dalam pembelajaran jarak jauh.

Teman-teman guru matematika sangat antusias dan bersemangat sekali mengikuti setiap materi, sehingga tidak terasa waktu telah lewat dari pukul 16.30. Akhirnya, kegiatan MGMP hari itu ditutup oleh Ketua MGMP, Bapak Slamet Riyadi, S.Pd.
















Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mencoba Geogebra

Mencoba Geogebra di Blog