Senin, 19 Oktober 2020

BERBAGI INOVASI RUMAH BELAJAR DI SMK NEGERI 1 KUMAI

Pada hari Senin, 19 Oktober 2020, kegiatan berbagi inovasi pembelajaran menggunakan portal Rumah Belajar kembali saya lakukan, setelah beberapa hari tertunda karena kesibukan dan kendala. Kali ini kesempatan berbagi saya lakukan di sekolah tetangga. Yaitu di SMK Negeri 1 Kumai, yang sekolahnya bersebelahan dengan sekolah saya.

Pada pukul 09.00 bertempat di ruang Perpustakaan SMK Negeri 1 Kumai, kegiatan sosialisasi dibuka oleh Bapak Eddy Purnomo, S.Pd mewakili kepala sekolah Ibu Dra. Sri Arfaningsih yang saat itu ada kegiatan lain. Setelah membuka kegiatan, Bapak Eddy Purnomo memberikan waktu sepenuhnya bagi saya untuk menyampaikan materi.

Setelah memperkenalkan diri bahwa saya adalah Sahabat Rumah Belajar 2020 peserta PembaTIK level 4. Kemudian saya tanyakan adalah apakah guru-guru sudah pernah tahu PembaTIK atau minimal pernah dengar. Ternyata hampir semua menjawab, tidak tahu. Ada juga yang tahu, tetapi belum paham apa itu PembaTIK. Saya kemudian menceritakan pengalaman saya mengikuti Bimtek PembaTIK dari level 1 sampai level 4. Bimtek PembaTIK dapat dilakukan dengan mendaftar  di https://simpatik.belajar.kemdikbud.go.id/. Saya mengajak teman-teman guru untuk mengikuti kegiatan PembaTIK tahun depan jika sudah dibuka pendaftarannya.

Kalau untuk Portal Rumah Belajar yang dapat diakses di alamat:   https://belajar.kemdikbud.go.id/, teman-teman guru sebagian pernah sudah tahu dan membuka, tetapi tidak mendetail. Karena di ruang Perpustakaan tersedia akses Wifi, bapak/ibu guru saya minta untuk mencoba membuka portal Rumah Belajar, dan mencoba membuka fitur-fitur yang ada. Kami kemudian berdiskusi tentang PembaTIK dan inovasi menggunakan Rumah Belajar.

Setelah diskusi tentang PembaTIK dan Portal Rumah Belajar, materi selanjutnya, adalah materi pembuatan video pembelajaran sederhana dengan teknik rekam layar sesuai dengan permintaan teman-teman guru, agar memudahkan penyampaian materi pembelajaran ke peserta didik. Kegiatan ini berakhir sampai pukul 12.00.












Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mencoba Geogebra

Mencoba Geogebra di Blog