Senin, 19 Oktober 2020

KEGIATAN BERBAGI DI SEKOLAH SENDIRI, SMP NEGERI 3 KUMAI

Pada hari Senin, 5 Oktober 2020, di sekolah saya sendiri, di SMP Negeri 3 Kumai, saya berkesempatan untuk berbagi tentang Rumah Belajar dengan teman-teman guru pada kegiatan workshop pembuatan video pembelajaran. Pada pukul 09.00 bertempat di ruang kelas VII-A SMP Negeri 3 Kumai, kegiatan dibuka oleh Kepala Sekolah, Bapak Surya Helkes, S.Pd. Setelah membuka kegiatan workshop, Kepala Sekolah kemudian mempersilahkan saya untuk menyampaikan materi workshop.

Sebelum menyampaikan materi workshop tentang video pembelajaran, saya meminta waktu untuk bercerita tentang pengalaman saya mengikuti Bimtek PembaTIK dari level 1 sampai level 4. Ada tiga manfaat mengikuti Bimtek PembaTIK. Pertama, meningkatkan kemampuan TIK sesuai dengan perkembangan teknologi terkini. Kedua, mendapatkan sertifikat pada setiap level dengan skala nasional. Ketiga, berkesempatan untuk menjadi Duta Rumah Belajar. Bimtek PembaTIK dapat dilihat di https://simpatik.belajar.kemdikbud.go.id/

Saya juga menyampaikan bahwa ada portal pembelajaran gratis di bawah naungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI yang menyediakan bahan belajar serta fasilitas komunikasi yang mendukung interaksi antar komunitas. Portal ini bernama Portal Rumah Belajar yang dapat diakses pada alamat https://belajar.kemdikbud.go.id/. Dengan menggunakan Rumah Belajar, belajar menjadi lebih mudah dan menyenangkan, sesuai dengan slogan dari Rumah Belajar: belajar dimana saja, kapan saja, dengan siapa saja.

Setelah berdiskusi tentang fitur-fitur Rumah Belajar dan inovasi pembelajaran menggunakan portal Rumah Belajar, kegiatan dilanjutkan dengan workshop pembuatan video pembelajaran. Kegiatan workshop pembuatan video pembelajaran selesai pada pukul 12.00.











Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mencoba Geogebra

Mencoba Geogebra di Blog