Selasa, 20 Oktober 2020

BERBAGI INOVASI PEMBELAJARAN DI SMP NEGERI 1 KUMAI

Pada hari Selasa, 20 Oktober 2020 saya diberikan kesempatan berbagi oleh kepala sekolah Ibu Rusmilawati, S.Pd kepada teman-teman guru di SMP Negeri 1 Kumai. Pada pukul 09.00 bertempat di ruang Lab Komputer SMP Negeri 1 Kumai, kegiatan sosialisasi dibuka oleh Ibu Purwanti, S.Pd mewakili kepala sekolah yang saat itu ada kegiatan lain. Setelah membuka kegiatan Ibu Purwanti, S.Pd memberikan waktu sepenuhnya bagi saya untuk menyampaikan materi.

Setelah memperkenalkan diri sebagai Sahabat Rumah Belajar 2020 peserta PembaTIK level 4, saya kemudian memulai presentasi sambil diselingi diskusi dengan teman-teman guru. Ternyata teman-teman guru yang ikut kegiatan sosialisasi, tidak tahu tentang kegiatan PembaTIK. Mereka kira pelatihan pembaTIK adalah pelatihan yang ada hubungannya dengan kerajinan batik. Kemudian saya jelaskan tentang apa itu PembaTIK. PembaTIK singkatan dari Pembelajaran Berbasis TIK, yang terdiri atas 4 (empat) level pelatihan. Kegiatan PembaTIK dapat dilihat di  https://simpatik.belajar.kemdikbud.go.id/. Saya menceritakan pengalaman saya mengikuti Bimtek PembaTIK dari level 1 sampai level 4. Mudah-mudahan setelah tahu tentang pelatihan PembaTIK ini, teman-teman guru di SMP Negeri 1 Kumai tahun depan akan banyak yang ikut kegiatan ini.

Setelah itu saya presentasi tentang Portal Rumah Belajar yang dapat diakses di alamat:   https://belajar.kemdikbud.go.id/. Ternyata sebagian besar guru-guru belum mengenal tentang Portal Rumah Belajar. Kami pun berdiskusi tentang Portal Rumah Belajar, mengenalkan fitur-fitur Rumah Belajar, contoh inovasi pembelajaran menggunakan Portal Rumah Belajar.

Guru-guru sangat antusias menyimak setiap materi yang disampaikan, sehingga tidak terasa waktu sudah lewat jam 11.00. Akhirnya kegiatan sosialisasi ditutup oleh Ibu Purwanti, S.Pd.




















 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mencoba Geogebra

Mencoba Geogebra di Blog